Notification

×

Iklan

Iklan

KPU Lombok Timur Kukuhkan 105 PPK, Pj. Bupati Sentil Soal Pelaksanaan Fakta Integritas

Thursday, May 16, 2024 | May 16, 2024 WIB Last Updated 2024-05-22T04:07:26Z

Pj. Bupati Lotim HM. Juaini Taofik saat menghadiri acara pengukuhan PPK Pilkada 2024 di Pendopo Bupati

SELAPARANGNEWS.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat resmi mengukuhkan 105 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Kamis, (16/05/2024) di Pendopo Bupati Lombok Timur. 


Pj Bupati Lombok Timur HM. Juaini Taofik yang hadir dalam acara tersebut mengucapkan selamat kepada anggota PPK yang dilantik. Ia berharap PPK dapat melaksanakan fakta integritas dan sumpah janji yang sudah diucapkan. 


Kendati ia mengakui integritas mudah dijanjikan namun berat untuk ditunaikan, akan tetapi dapat diupayakan. “Integritas yang kita maksud adalah ada tidak ada tekanan, ada tidak ada orang mengawasi, selama berintegritas sama cara kita patuh menjalankan aturan yang ada terhadap etik yang ada,” jelasnya.


Walaupun hanya delapan bulan menjalankan tugas, lanjut Pj. Bupati Juaini PPK punya penting dalam menentukan masa depan, khususnya Lombok Timur, lima tahun ke depan. 


Menurutnya, Pilkada adalah wujud integrasi daerah otonomi, sehingga perlu bersama menyukseskannya.


Kepada camat yang hadir pada kegiatan itu Pj. Bupati meminta supaya mereka mendukung dan memfasilitasi PPK. “Hal-hal yang sudah baik pada Pemilu lalu dipertahankan, yang belum sempurna untuk disempurnakan,” pesannya.


Ia juga meminta supaya melakukan monitor terhadap PPK yang ada di 21 kecamatan. "Selalu dimonitor, PPKnya seperti apa, sekretariat PPKnya seperti apa, komunikasi Camat dengan anggota dengan ketua dan segenap anggota PPK harus baik, karena dengan cara itulah tugas yang berat menjadi mudah, sesuatu yang kompleks bisa disederhanakan,” tambahnya.


Tidak jauh berbeda, Anggota KPU Provinsi NTB Mastur yang juga hadir pada kesempatan tersebut mengingatkan tugas pada Pemilu tidak dapat disamakan dengan tugas di jabatan yang lain. Sebagai penyelenggara Pemilu atau Pilkada ia berpesan kepada PPK untuk berhati-hati, sebab ada kode etik yang harus dipedomani.


“Jaga integritas pastikan Pilkada berjalan aman dan menghasilkan pemimpin yang akan membawa kesejahteraan bagi masyarakat Lombok Timur khususnya, maupun NTB,” tutupnya. 


Sementara itu ketua KPU Kabupaten Lombok Timur Ada Suci Makbullah dalam arahannya mengingatkan agar PPK segera menetapkan ketua di masing-masing kecamatan serta mengajukan sekretaris dan kelengkapan lainnya kepada Camat, termasuk kesekretariatan.  


Ia pun menekankan pentingnya akurasi dalam pemutakhiran data pemilih sebagai bagian dari upaya menyukseskan Pilkada. (SN) 

×
Berita Terbaru Update