Notification

×

Iklan

Iklan

FWMO Lotim Gelar Dialog Publik Toleransi Umat Beragama Menjelang Pilkada

Thursday, June 27, 2024 | June 27, 2024 WIB Last Updated 2024-06-27T04:34:12Z

Dialog Publik Toleransi Umat Beragama oleh FWMO Lotim di Pondok Jurnal Reban Tebu Selong

SELAPARANGNEWS.COM - Guna Jaga Toleransi antar Ummat beragama di Lombok Timur menjelang Pilkada serentak tahun 2024, Forum Wartawan Media Online (FWMO) Lombok Timur gelar dialog Publik dengan dengan Tema " Toleransi Antar Ummat Beragama, Kunci Kemajuan Bangsa", Kamis (27/06/2024).


Acara yang bertempat di Pondok jurnal tersebut dihadiri dia narasumber, yaitu Sekretaris Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Lombok Timur H. Makkinudin yang juga merupakan Kasi Haji dan Umroh Kemenag Lotim bersama Kabid Pengembangan Nilai-Nilai Kebangsaan  Kesbangpoldagri Lombok Timur Suherman, yang diikuti sejumlah peserta dari berbagai unsur baik tokoh lintas agama dan beberapa tokoh lainnya.

Ketua FWMO Lombok Timur Syamsul Rijal dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara ini digelar sebagai bentuk turut serta wartawan dalam rangka menjaga kondusifitas wilayah ditengah masuknya musim Politik 2024, yang mulai menghangat.

"Jadi kami merasa terpanggil sebagai seorang jurnalis, untuk memberikan edukasi kepada masyarakat," ucapnya singkat. 

Kemudian Kepala FKUB Lotim H. Makkinudin dalam materinya menyampaikan, bahwa Lombok Timur merupakan daerah yang homogen, dan sampai saat ini kerukunan antar ummat beragama masih terjaga dengan baik, dan tidak ada sesuatu yang menghawatirkan.

"Karena sampai saat ini tidak ada, laporan yang masuk ke FKUB terkait keluhan dari tokoh-tokoh agama," akunya.

Senada dengan itu Kepala Bidang Pengembangan Nilai-Nilai Kebangsaan Kesbangpoldagri Lombok Timur Suherman menegaskan, bahwa toleransi antar ummat beraga di Lotim cukup terjaga dengan baik, namun yang mengkhawatirkan saat ini adalah isu-isu sara yang semakin lama semakin berkembang, terutama di musim Politik saat ini.

"Makanya ini perlu peran serta semua pihak, salah satunya Wartawan memberikan edukasi kepada masyarakat, di era digital yang semakin pesat," harapnya.

Lebih jauh kata dia, Saat ini Pemerintah telah membuat beberapa instrumen tentang tata cara hidup antar ummat beragama, dan intra ummat beragama, sesuai yang tertuang dalam slogan negara Republik Indonesia di pancasila  yakni Bhineka Tunggal Ika" (Berbeda-Beda tapi tetap Satu).

"Terima kasih buat teman-teman FWMO Lotim, secara tidak langsung membantu pemerintah daerah dalam mengedukasi masyarakat dalam rangka menjaga kondusifitas wilayah," pungkasnya. (SN) 
×
Berita Terbaru Update