Notification

×

Iklan

Iklan

HMPS Pariwisata Hamzanwadi Selong Adakan Kuliah Umum di Sunrise Land Lombok

Saturday, June 29, 2024 | June 29, 2024 WIB Last Updated 2024-06-29T07:16:25Z

Kuliah Umum HMPS Pariwisata Hamzanwadi Selong di Sunrise Land Lombok

SELAPARANGNEWS.COM - Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pariwisata Hamzanwadi Selong, Kabupaten Lombok Timur mengadakan Kuliah Umum di Destinasi Wisata Sunrise Land Lombok Labuhan Haji. Sabtu (29/06/2024). Kuliah Umum kali ini mengambil tema “Pengembangan Ekowisata Berkelanjutan dalam Mempertahankan Keindahan Alam dan Budaya Lokal dengan Pemateri Qori' Bayyinaturosyi, Direktur Sunrise Land Lombok. 


Dalam pemaparannya, Qori' Bayyinaturosyi mengutarakan pandangannya mengenai Ekowisata sebagai sebuah strategi kreatif untuk konservasi. Menurutnya, mengelola wisata bukan soal keuntungan semata, melainkan bagaimana menciptakan suatu kondisi yang baik bagi seluruh makhluk hidup.

Magister Pariwisata Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta itu menilai bahwa destinasi wisata punya peran strategis dalam melestarikan alam dan budaya masyarakat. 


Bahkan, tandas Founder Lapak Buku Online Infinity Book tersebut, nenek moyang bangsa sasak jauh hari sudah punya pribahasa filosofis yang menggambarkan hal itu yang berbunyi, Aik Meneng (Air Jernih) Tunjung Tilah (Budaya Bagus), dan Empak Bau (Ikan Dapat). 

"Aik Meneng yang memiliki tafsir sosial Air Jernih sebagai representasi dari alam yang lestari, Tunjung Tilah representasi budaya yang tetap kokoh, dan Empak Bau sebagai representasi kebermanfaatan yang diperoleh dari pembangunan," jelasnya. 

Kaitannya dengan Kuliah Umum oleh HMPS Pariwisata Hamzanwadi Selong tersebut, Qori' Bayyinaturosyi membagikan doorprize berupa buku bagi peserta yang memiliki argumentasi kritis terhadap isu-isu kepariwisataan.

"Kuliah Umum yang dilakukan oleh HMPS Pariwisata Hamzanwadi Selong ini sangat patut untuk diapresiasi, karena aktivitas edukatif semacam ini memberikan dampak positif bagi mahasiswa secara kontekstual dan dampak ekonomi bagi masyarakat di destinasi wisata," pungkasnya. (Yns) 
×
Berita Terbaru Update