Notification

×

Iklan

Iklan

Warga Aikperapa Gelar Tradisi Ayu-Ayu Sebagai Rasa Syukur Hadirnya Mata Air

Thursday, June 20, 2024 | June 20, 2024 WIB Last Updated 2024-06-20T06:58:33Z

Persiapan acara Ayu Ayu Masyarakat Desa Aikperapa atas hadirnya kembali mata air bersih bagi masyarakat

SELAPARANGNEWS.COM - Sejumlah warga Desa Aikperapa, Kecamatan Aikmel mengadakan upacara Ayu-Ayu atas kembali hadirnya mata air bagi masyarakat. Acara adat tersebut digelar sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan atas sumber kehidupan yang diberikan kepada makhluknya. 


Tokoh agama Aikperapa sekaligus Ketua Yayasan Ponpes Riyadul Falah Aikperapa TGH. Marwan Hakim Arsyad menyampaikan bahwa acara tersebut diinisiasi oleh masyarakat sekitar sebagai wujud syukur dan terimakasih kepada sang pencipta atas telah diperbaiki nya sumber mata air sehingga menjadi lebih layak dan lebih baik.


"Aikperapa sebagai salah satu desa yang berbatasan langsung dengan TNGR tentu ketersediaan air sangat minim sehingga membutuhkan bantuan yang bersifat konkrit untuk mengatasi kebutuhan air bersih bagi masyarakat," ujarnya. Kamis, (20/06/2024). 


Acara Ayu-ayu ini, lanjutnya, merupakan tradisi lama di masyarakat setempat untuk menyampaikan rasa syukur kepada sang pencipta. Selain itu, kata TGH. Marwan, hal itu juga sebagai wujud terimakasih kepada semua pihak yang membantu terutama yang bergabung dalam kolaborasi BUMN seperti; PT Pegadaian, PT Pelni, ASDP, Pos Indonesia, PT Garuda, Askrindo, Jasindo, KBI Nindya Karya dan tidak lupa PT Indra Karya sebagai inisiator hadirnya program air bersih di Aikperapa.



"Hadirnya kolaborasi bantuan BUMN ini, untuk membantu ketersediaan air bersih sangat luar biasa, dan masyarakat kami sangat antusias menyambutnya bahkan membantu proses sejak awal program air bersih ini di kerjakan," jelasnya. 


Di hari pertama saja, lanjut dia, setelah 100 perst dikerjakan, masyakarat setempat berbondong-bondong mengambil air untuk konsumsi mereka, walaupun belum diresmikan. Menurutnya, hal itu menunjukkan antusias masyarakat sangat tinggi dan tentu sangat berterimakasih dengan adanya sumber air bersih tersebut. 


"Kami berharap atas bantuan ini kami sebagai warga penerima manfaat bisa menjaga dan merawat terus agar bisa dimanfaatkan sampai nanti," harapnya. (SN) 

×
Berita Terbaru Update