Notification

×

Iklan

Iklan

Pj. Bupati Lotim Hadiri Rapat Pleno Terbuka Penetapan DPS Pilkada 2024

Sunday, August 11, 2024 | August 11, 2024 WIB Last Updated 2024-08-13T03:18:31Z

Pj. Bupati Lotim HM. Juaini Taofik saat menghadiri Rapat Pleno Terbuka Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) dan Penetapan DPS Pilkada Serentak 2024 di Hotel Syari'ah Selong

SELAPARANGNEWS.COM - Penjabat Bupati Lombok Timur HM. Juaini Taofik menghadiri pembukaan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) dan Penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Tingkat Kabupaten Lombok Timur pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB serta Bupati dan Wakil Bupati Lombok Timur Tahun 2024. Sabtu, 10 Agustus 2024, di Hotel Syari'ah Selong. 


Dalam kesempatan tersebut Pj. Bupati Lombok Timur mengingatkan bahwa kesuksesan Pilkada mendatang ditentukan kesuksesan setiap tahapannya, termasuk terkait daftar pemilih. 

“Masyarakat tahunya hari-H saja, padahal kesuksesan hari-H itu ditentukan oleh proses sebelumnya,” ungkapnya.

Selain itu diingatkannya pula bahwa kualitas Pemilu diantaranya ditentukan oleh semakin kecilnya pelanggaran. Katanya, semakin kecil pelanggaran, maka akan semakin baik. Karena itu ia berharap untuk saling mengingatkan dalam proses Pilkada ini. 

Menurutnya komunikasi yang baik antar seluruh elemen dan pemangku kepentingan harus berjalan agar nantinya menghasilkan Daftar pemilih Tetap (DPT) yang berkualitas dan pada akhirnya menghasilkan pemimpin yang memiliki legitimasi.

Pemda Lombok Timur, diterangkan Pj. Bupati, terus mendorong perekaman KTP sehingga masyarakat yang memiliki hak pilih namun tidak atau belum terdaftar dapat diakomodasi haknya. Di sisi lain Pemda juga telah menuntaskan kewajibannya terhadap penyelenggaraan Pilkada.

Kapolres Lombok Timu AKBP Hariyanto berharap kerja sama yang baik, komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi untuk memecahkan segala persoalan yang muncul. 

Dengan demikian penyelenggaraan Pilkada aman, nyaman, dana damai dapat diwujudkan. Ia pun menegaskan komitmen Polres Lombok Timur mendukung suksesnya pelaksanaan Pilkada di daerah ini. Termasuk dengan menyiapkan pola-pola tertentu sebagai langkah antisipatif.

Berdasarkan DPS yang telah disahkan KPU bersama para peserta Pleno diketahui bahwa jumlah DPS Kabupaten Lombok Timur pada Pilkada Serentak Tahun 2024 ini sebanyak 995. 915 orang pemilih.

Dari 21 Kecamatan 254 Kelurahan dan Desa yang ada di Kabupaten Lombok Timur DPS terbanyak ada Kecamatan Masbagik sebanyak 82. 425 pemilih yang tersebar di 10 Desa dan 147 TPS. 

Selanjutnya, DPS terbanyak di Kabupaten Lombok Timur disusul Kecamatan Pringgabaya sebanyak 80.080 orang yang tersebar di 15 Desa dan 159 TPS. (SN) 

×
Berita Terbaru Update