Notification

×

Iklan

Iklan

Pj. Bupati Lotim Harapkan Semua Kades dan Aparatur Desa Melek Aplikasi Siskeudes

Tuesday, August 6, 2024 | August 06, 2024 WIB Last Updated 2024-08-15T00:21:26Z

kegiatan bimbingan teknis aplikasi Siskeudes (Online, Link dan CMS) kepada Kepala Desa

SELAPARANGNEWS.COM - Penjabat Bupati Lombok Timur H.M. Juaini Taofik mengingatkan agar seluruh kepala desa se-kabupaten Lombok Timur mengikuti bimbingan teknis aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) dengan sebaik-baiknya agar bisa dipahami dan diterapkan di desa masing-masing. Hal itu disampaikan saat membuka kegiatan bimbingan teknis aplikasi Siskeudes (Online, Link dan CMS) Selasa (06/08/2024). 


Usai mengikuti kegiatan yang berlangsung di Rupatama 2 Kantor Bupati tersebut, diharapkan semua aparatur desa lebih memahami dan optimal dalam pengelolaan keuangan desa berbasis aplikasi Siskeudes online menuju pemerintah desa yang bersih dan transparan.


Sehubungan dengan hal tersebut, dirinya menyampaikan bahwa pemerintah daerah sudah tiga tahun terakhir ini menggunakan cash management system (CMS). “Pemerintah daerah sudah tiga tahun menggunakan sistem CMS,” ungkapnya. 


Ia yakin penggunaan aplikasi serupa di desa dapat mendukung administrasi keuangan desa, “Jadinya lebih aman bapak-ibu kepala desa,” tuturnya, “di samping keamanan lebih terjamin, juga akan lebih mudah dan tertib kalo mau transfer atau membelanjakan uang,” tambahnya.


Pj. Bupati juga menyinggung UHC Lombok Timur yang sudah mencapai 99 persen. Kaitan itu, Ia mengimbau seluruh kepala desa bersama operator bekerja sama agar identitas kependudukan masyarakat masing-masing sudah online, sehingga mempermudah pelayanan.


Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Salmun Rahman menyampaikan bahwa kegiatan tersebut berdasar pada Permendagri nomor 20 tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan desa yang sebelumnya telah diatur dalam permendagri nomor 113 tahun 2014, Perbup kabupaten Lombok Timur nomor 2 tentang pengelolaan keuangan desa dan SE Mendagri nomor 100.3.3.3/1629/SJ tentang mekanisme pelaksanaan transaksi non tunai melalui implementasi Siskedeus link pada kabupaten dan kota yang memiliki desa.


Bimtek tersebut diikuti sebanyak 148 peserta yaitu kepala desa dan operator Siskeudes di masing-masing desa. Senior Eksekutif Vice Presiden Bank NTB Syariah H. Muh. Usman menyampaikan bahwa penggunaan aplikasi Siskeudes akan memberikan banyak manfaat. 


“Tidak hanya buat desa tetapi untuk perekonomian juga,” katanya sembari berkomitmen bahwa Bank NTB Syariah akan tetap mendukung digitalisasi keuangan daerah sampai ke desa. Ia berharap kegiatan Bimtek tersebut berjalan lancar. (SN) 

×
Berita Terbaru Update