Notification

×

Iklan

Iklan

Tiga Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Lombok Timur Resmi Mendaftar ke KPU

Wednesday, August 28, 2024 | August 28, 2024 WIB Last Updated 2024-08-28T11:59:13Z

Tiga Bakal Calon Bupati Lotim yang sudah daftar ke KPU (Dari kiri: H. Rumaksi, HM. Syamsul Luthfi, H. Hairul Warisin) 

SELAPARANGNEWS.COM - Tahapan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) sudah memasuki tahapan pendaftaran bakal pasangan calon. Tahapan ini mulai dibuka KPU sejak Selasa Kemarin, 27 Agustus 2024. Pada pendaftaran hari kedua ini, 28 Agustus 2024, tiga bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Lombok Timur telah selesai melakukan proses pendaftaran di KPU Lotim. 


Tahapan pendaftaran bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Lotim akan berlangsung hingga Kamis besok, 29 Agustus 2024. Hal itu ditegaskan Ketua KPU Lotim Ada Suci Makbullah dalam keterangan persnya kepada media. Rabu, (28/08/2024). 


Untuk tanggal 27 dan 28 Agustus, kata Ada Suci Makbullah, KPU Lombok Timur membuka layanan pendaftaran dari jam 08:00 hingga jam 16:00 wita. Sementara untuk hari terakhir pada hari Kamis besok, pendaftaran akan dibuka dari jam 08:00 hingga jam 23:59 Wita. 


"Jadi untuk hari terakhir besok itu pelayanan akan ditutup sampai jam 12 malam kurang satu menit," ucapnya.


Ucik sapaan akrab Ada Suci Makbullah menjelaskan, dalam proses Pendaftaran Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati ini, pihaknya berpatokan pada Peraturan KPU Nomor 10 tahun 2024  perubahan atas PKPU Nomor 8 2024 tentang Pencalonan Kepala Daerah Pilkada serentak tahun 2024 yang di dalamnya sudah disesuaikan dengan Keputusan Mahkamah Konstitusi Nomor 60 dan 70 Tahun 2024.


Di hari kedua ini, Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Lotim yang pertama mendaftar ke KPU adalah Pasangan H. Rumaksi dan H. Achmad Sukisman Azmy. Kedatangan mereka ke Kantor KPU itu  dikawal para Pimpinan Partai pengusung, seperti Pimpinan Partai Nasdem, Partai Demokrat dan Partai Gelora.


H. Rumaksi menyampaikan alasannya maju sebagai Bakal Calon Bupati Lotim periode 2024-2029 yaitu ingin melanjutkan program-programnya dulu ketika masih menjabat sebagai Wakil Bupati Lombok Timur bersama H. Sukiman Azmy. Karena itu juga, kata Rumaksi, pihaknya memilih mantan Bupati Lotim H. Sukiman Azmy sebagai Dewan Pembina Tim Pemenangnya. 


Pada kesempatan yang sama, Ia menyinggung sejumlah capaian-capaian yang pernah dilakukan bersama H. Sukiman dulu di mana masih ada program yang belum terselesaikan. 


Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Lotim selanjutnya yang mendaftar ke KPU hari ini adalah pasangan HM. Syamsul Luthfi  dan H. Abdul Wahid. Kedatangan mereka ke Kantor KPU dibanjiri oleh pendukung dari berbagai elemen masyarakat.


Ia menghimbau para pendukungnya agar pesta demokrasi ini berjalan lancar, aman, dan damai seperti pada gelaran Pileg dan Pilpres 2024, seluruh calon mengedepankan persatuan dan menghindari fitnah, adu domba, serta provokasi yang merugikan.


“Kami, pasangan Luthfi-Wahid, berkomitmen untuk menjunjung peraturan KPU dan Bawaslu dengan baik,” tegasnya. 


Bakal Pasangan Calon terakhir yang datang mendaftar ke KPU adalah Pasangan H. Hairul Warisin dan HM. Edwin Hadi Wijaya. Tidak kalah dengan dua Bakal Pasangan Calon sebelumnya, ribuan orang dengan semangat tinggi memadati jalanan, membawa poster, spanduk, dan berbagai atribut kampanye lainnya turut mengiringnya mendaftar ke KPU.


H. Hairul Warisin dalam keterangan persnya menyinggung programnya dulu semasa menjabat wakil Bupati bersama Ali BD. Katanya, meskipun sudah cukup lama, tapi program-program itu masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat Lombok Timur saat ini. 


Ketua Partai Gerindra Lombok Timur itu berjanji akan menyisir sumber-sumber pendapatan daerah agar bisa dimanfaatkan untuk pembangunan bagi masyarakat. (Yns)

×
Berita Terbaru Update