Notification

×

Iklan

Iklan

Capaian PAD Lotim Tahun 2024 Lampaui Target, Pj. Bupati Optimis APBD 2025 Sehat

Thursday, September 26, 2024 | September 26, 2024 WIB Last Updated 2024-09-26T05:52:41Z

Drs. HM. Juaini Taofik, Pj. Bupati Lotim (Dok.Selaparangnews.com) 

SELAPARANGNEWS.COM - Pj. Bupati Lombok Timur HM. Juani Taofik mengungkapkan bahwa per tanggal 26 September 2024, realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) telah melampaui target yang ditetapkan untuk tahun 2024 ini. 


Juaini Taofik menyampaikan rasa syukurnya atas pencapaian ini, yang menunjukkan kemajuan signifikan dalam pengelolaan keuangan daerah. "Saya cek data di Android saya, Alhamdulillah melalui Aplikasi SEMPAD, dapat diketahui capaian per hari ini Pendapatan Asli Daerah kita," ungkap pria yang akrab disapa Kak Ofik tersebut. Kamis, (26/09/2024). 

Aplikasi SEMPAD yang digunakan untuk memantau realisasi PAD, menjadi alat penting dalam memastikan transparansi dan akuntabilitas keuangan daerah.

Meskipun pencapaian ini patut diapresiasi, Kak Ofik tetap mengingatkan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mengelola pajak dan retribusi daerah untuk tetap fokus dan semangat dalam menggenjot realisasi PAD hingga akhir tahun. 

"Saya harap semua OPD penghasil pajak dan retribusi daerah tetap bekerja keras untuk mencapai target yang telah ditetapkan," tegasnya.

Kak Ofik menekankan pentingnya pencapaian PAD untuk memastikan kesehatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2025. "Hanya dengan cara itulah kita bisa memastikan APBD 2025 akan sehat, dengan ciri Hutang Jatuh Tempo (HUJAT) yang relatif kecil," tambahnya. 

Peningkatan PAD menjadi salah satu indikator penting dalam menilai kemandirian dan keberlanjutan keuangan daerah. Dengan adanya realisasi PAD yang baik, diharapkan Lombok Timur dapat membiayai berbagai program pembangunan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Kak Ofik berharap seluruh jajaran pemerintahan bekerja sama dan saling mendukung dalam upaya meningkatkan pendapatan daerah. "Kita perlu bersinergi agar semua sektor dapat berkontribusi maksimal dalam meningkatkan PAD," ujarnya.

Sebagai langkah tindak lanjut, Kak Ofik berencana mengadakan rapat koordinasi dengan seluruh OPD terkait untuk membahas strategi peningkatan PAD lebih lanjut. Dengan adanya koordinasi yang baik, diharapkan pencapaian PAD dapat terus meningkat dan memberikan dampak positif bagi pembangunan daerah.

Dengan semangat optimisme, Kak Ofik menegaskan komitmennya untuk terus mendorong peningkatan kinerja pemerintah daerah dalam pengelolaan keuangan. "Mari kita lanjutkan kerja keras ini demi kesejahteraan masyarakat Lombok Timur," tutupnya. (Yns) 
×
Berita Terbaru Update