Notification

×

Iklan

Iklan

KSR PMI Unit Institut Teknologi dan Kesehatan Aspirasi Gelar Kegiatan Donor Darah

Wednesday, September 11, 2024 | September 11, 2024 WIB Last Updated 2024-09-11T02:54:16Z

KSR PMI Unit ITKA Lotim usai lakukan baksos donor darah di lingkungan kampus

SELAPARANGNEWS.COM - Korps Sukarela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Unit Institut Teknologi dan Kesehatan Aspirasi (ITKA) mengadakan kegiatan donor darah. Selasa, (10/09/2024) di lingkungan Kampus. Kegiatan tersebut dalam rangka memberikan contoh betapa perjalanan setetes darah itu sangat penting bagi kehidupan manusia. 


Hal itu diutarakan Ketua Panitia donor darah PMI Unit ITKA Nadia Nurul Fitria lewat siaran tertulis untuk diterima media ini. Katanya, Kegiatan donor darah tersebut mengangkat tema "Setetes darah sejuta cerita"


Ia menjelaskan alasannya mengambil tema tersebut karena Setetes Darah menunjukkan betapa kecilnya kontribusi yang diberikan, namun berdampak besar. Selian itu, lanjut Nadia, setetes darah juga memiliki kisah dan pengaruh yang besar. Setiap tetes darah dapat menyelamatkan nyawa, membantu orang dalam kesulitan, dan membuat perbedaan besar bagi banyak orang. 


Kegiatan donor darah yang diinisiasi oleh mahasiswa ITKA yang ada di Suralaga Lombok Timur ini, imbuhnya, memiliki banyak manfaat, baik bagi individu, masyarakat, maupun kampus. 


"Salah satunya adalah meningkatkan Kesehatan, yang mana donor darah terbukti dapat meningkatkan kesehatan, seperti meningkatkan produksi sel darah merah dan membantu membersihkan tubuh dari racun. Rutin berdonor darah juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke," jelas Nadia. 


Rutin berpartisipasi dalam donor darah, kata dia, juga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan menumbuhkan rasa bangga atas kontribusi yang diberikan di samping hal itu juga akan memberikan pengalaman baru dan kesempatan untuk belajar tentang pentingnya kesehatan dan kemanusiaan.


"Donor darah mendorong mahasiswa untuk lebih peka terhadap kebutuhan orang lain dan menumbuhkan rasa empati serta kepedulian terhadap sesama," jelasnya. 


Ia berharap, kegiatan donor darah ini bisa menjadi contoh bagi mahasiswa lainnya untuk terlibat dalam kegiatan sosial. "Kami ingin mengajak mahasiswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan kemanusiaan dan membangun semangat gotong royong di kalangan mahasiswa," pungkasnya. (SN) 

×
Berita Terbaru Update