Notification

×

Iklan

Iklan

ASN, Kades dan Perangkat Desa di Lombok Timur Komitmen Jaga Netralitas di Pilkada 2024

Friday, October 4, 2024 | October 04, 2024 WIB Last Updated 2024-10-10T00:54:37Z

Pembacaan Ikrar Netralitas oleh perwakilan ASN, Kepala Desa dan Perangkat Desa se Kabupaten Lombok Timur dalam perhelatan Pilkada serentak tahun 2024

SELAPARANGNEWS.COM - Pemerintah Kabupaten Lombok Timur bersama Bawaslu, menyelenggarakan Deklarasi Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), Kepala Desa dan Perangkat Desa dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024. Kegiatan yang berlangsung Kamis, (03/10/2024) di Ballroom Kantor Bupati Lombok Timur tersebut dihadiri PJ. Gubernur bersama Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).


Deklarasi diawali dengan penandatanganan nota kesepakatan Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur dengan Bawaslu Lombok Timur tentang penguatan pengawasan netralitas ASN pada Pilkada Serentak tahun 2024. 


Puncaknya adalah pembacaan ikrar netralitas ASN dalam rangka pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 oleh ASN, Kepala Desa, dan Perangkat Desa se-Kabupaten Lombok Timur.


Dalam sambutannya, Pj. Bupati Lombok Timur HM Juaini Taofik mengingatkan kembali fungsi ASN yang tertuang dalam dalam UU Nomor 5 tahun 2014 pasal 10, yakni menjadi pelaksana kebijakan publik, menjadi pelayan publik, dan menjadi perekat dan pemersatu bangsa. Oleh karena itu menjaga netralitas ASN adalah mutlak, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun bermedia sosial. 


“Netralitas Korpri hari ini harga mati. Netral di dunia nyata dan di dunia maya,” ujarnya.


Senada dengan Pj. Bupati, Pj. Gubernur NTB Hassanuddin memberikan wejangan kepada ASN agar lebih bijak lagi dalam bermedia sosial. Menurutnya, media sosial atau medsos menjadi tantangan yang cukup berat. Tidak hanya memberikan kemudahan berkomunikasi, akan tetapi tanpa disadari dapat juga menjebak ASN dalam aktivitas politik.  


Untuk itu, kata dia, penting bagi ASN untuk menjaga integritas dalam suasana Pilkada ini, “Hati-hati dengan Ucapan. Hati-hati dengan Jari,” pesannya.


Ia mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Lombok Timur telah menjadi pioneer dari 10 Kabupaten/kota di NTB dalam pelaksanaan deklarasi netralitas ASN. Harapannya agar deklarasi ini dapat mempertegas komitmen bersama dalam menjaga netralitas. 


“Deklarasi ini bukan hanya sekedar seremonial, melainkan menjadi pengingat bagi kita semua untuk terus menjalankan tugas dengan integritas dan profesionalisme,” tutupnya. (Yns)

×
Berita Terbaru Update