Notification

×

Iklan

Iklan

Kandang Ayam di Suralaga Terbakar, Kerugian Ditaksir Capai Ratusan Juta Rupiah

Thursday, October 3, 2024 | October 03, 2024 WIB Last Updated 2024-10-03T03:01:10Z

Tangkapan layar video kebakaran kandang ayam di Kecamatan Suralaga

SELAPARANGNEWS.COM - Kebakaran hebat melanda sebuah kandang di Dusun Gegurun, Desa Tumbuh Mulia, Kecamatan Suralaga Lotim pada Rabu, kemarin, sekitar pukul 22:00 Wita. Akibat dari peristiwa itu, pemilik kandang ditaksir mengalami kerugian hingga Rp. 300 juta. 


Kasi Humas Polres Lombok Timur IPTU. Nikolas Oesman menyebutkan, kandang ayam broiler milik warga Sandubaya, Kecamatan Selong bernama Sukri (46) itu, pertama kali diketahui penjaga kanda atas nama Dodi Irawan (24) dan Surya (19) asal Blitar, Jawa Timur. 


"Kebakaran diketahui saat mengecek keadaan kandang," ucapnya, lewat siaran tertulis yang diterima media ini. Kamis, (03/10/2024). 


Saat itu, kata Kasi Humas, kedua penjaga tersebut melihat kipas blower berjarak sekitar 30 meter dari mereka mengeluarkan percikan api dan menyambar gas elpiji yang menjadi bahan bakar pemanas suhu kandang dan juga bambu serta terpal yg menjadi dinding kandang sehingga api dengan cepat langsung membesar dan membakar seluruh kandang. 


Karena dalam kandang itu ada sekitar 10 tabung gas yang jadi bahan bakar pemanas, sementara saat itu api terus membesar, kata Kasi Humas, para penjaga ini kemudian memilih untuk lari keluar areal kandang untuk menyelamatkan diri karena takut tabung gas tersebut meledak.


Setelah menjauh dari kandang, lanjutnya, salah satu dari mereka menelpon pemilik kandang dan memberitahu bahwa kandang miliknya terbakar. Mengetahui hal itu, pemilik menghubungi Pemadam Kebakaran Selong dan tidak lama setelah itu dua unit mobil datang dan langsung berupaya memadamkan api. 


"Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 23.00 wita," imbuhnya, seraya mengatakan bahwa tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.


Kasi humas menyebutkan bahwa terdapat 10 ribu ekor ayam yang ikut terpanggang di kandang tersebut dengan umur 10 hari sehingga kerugian materil akibat dari peristiwa tersebut diperkirakan sekitar Rp. 300 juta. 


"Penyebab kebakaran diduga berasal dari korsleting pada mesin kipas blower yang kemudian menyambar tabung gas dan bahan bangunan kandang yang mudah terbakar seperti bambu dan terpal plastik," pungkasnya. (Yns) 

×
Berita Terbaru Update