Notification

×

Iklan

Iklan

Panwascam Suralaga Bidik Pemilih Milenial dan Tomas Sosialisasi Pengawasan Partisipatif di Pilkada 2024

Monday, October 7, 2024 | October 07, 2024 WIB Last Updated 2024-10-07T03:17:30Z

Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Panwascam Suralaga bersama para pemilih milenial dan tokoh masyarakat

SELAPARANGNEWS.COM - Dalam mensukseskan pelaksanaan Pilkada  2024, Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) Suralaga melakukan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif bersama tokoh masyarakat (Tomas) dan Pemilih Milenial (Pemua pemula).

Sosialisasi ini dikemas dengan bertemakan peran tokoh masyarakat, pemuda dan pemilih pemula pada pemilihan kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024. Senin (7/10/2024).

Dikatakan Koordinator Divisi Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Lombok Timur, Johari Marjan selaku pemateri bahwa, pengawasan partisipatif itu sangat dibutuhkan Bawaslu lantaran SDM yang sangat kurang di bawah karena itu bila ada pelanggaran bisa menghubungi pengawas setempat. 

Peran masyarakat sangat dibutuhkan, karena slogan Bawaslu itu "Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu" Dengan semua berperan aktif tentu pelaksanaan pilkada 2024 akan berjalan lancar sesuai rel yang diamanatkan dalam Undang-undang.

"Hanya dengan cara itulah, kualitas pemilihan dan demokrasi di Negeri ini bisa ditingkatkan," ungkap Marjan.

Marjan mengimbau peserta yang hadir untuk tidak coba-coba ikut dalam  melakukan pelanggaran jika tidak ingin berurusan dengan masalah hukum . 

Karena itu menurut Marjan, di samping untuk menghindari hal-hal seperti itu serta meningkatkan kualitas demokrasi, masyarakat perlu ambil bagian untuk ikut mengawasi jalannya pemilihan. Bahkan, kata dia, masyarakat juga perlu mengawasi para pengawas jika ada yang bekerja tidak sesuai tupoksinya. 

"Jadi adek-adek pelajar, bapak ibu perangkat Desa bisa mengawasi pengawas juga, jika ada yang ditemukan melakukan tugas tidak sesuai tupoksinya bisa dilaporkan ke tingkat yang lebih tinggi," pungkasnya.

Sebelumnya, Rudi Hadi Suwandi Ketua Panwascam Suralaga menyampaikan dengan adanya sosialisasi pengawasan partisipatif Berbagi informasi terkait pelaksanaan pilkada 2024 dapat diserap karena pelaksanaan pilkada tinggal menghitung hari lagi tepatnya tanggal 27 November 2024 mendatang.

Tahapan pilkada sudah masuk masa kampanye dan setiap pelaksanaan kampanye itu diawasi 1 orang pengawas desa dan jika melihat personil dalam pengawasan itu tidak cukup karenanya pengawasan partisipatif masyarakat sangat dibutuhkan.

"Apabilia ada pelanggaran dalam pelaksanaan kampenye hingga hari H pemungutan suara diharapkan semua elemen masyarakat ikut andil dalam pengawasan dengan memberikan informasi atau laporkan kepada panwascam," ungkap Rudi.

Sementara itu, Camat Suralaga Nurhilal begitu juga dengan ASN, Kepala Desa, maupun perangkat Desa tidak boleh menunjukkan keberpihakkannya pada salah satu calon harus netral.

Ia berharap semua yang hadir pada saat ini ikut andil dalam pengawasan partisipatif sehingga bisa membantu pengawas secara aktif.

"Bila ada pelanggaran diharapkan jangan takut untuk melaporkan pada pengawas," himbau Nurhilal. (SN)

×
Berita Terbaru Update